Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34454
Title: The Effectiveness of Using Conversation Video in Learning Listening Comprehension ( A Quasi-Experimental Study at the Ninth Grade Students of Mts Hidayatul Anam)
Other Titles: Efektivitas Penggunaan Conversation Video dalam Pembelajaran Listening Comprehension
Authors: M.Abdul Karim Arrasyid
Advisors: Nasifudin Djalil
Neneng Sunengsih
Keywords: Listening;Listening Comprehension;Video;Conversation
Issue Date: 14-Feb-2017
Publisher: FITK
Abstract: Tujuan Penenlitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan video percakapan berbahasa Inggris terhadap pemahaman pendengaran siswa kelas sembilan Mts Hidayatul Anam Pejaten. Sampel dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas IX-A yang terdiri atas 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas IX-B yang terdiri atas 35 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan instrumennya adalah tes. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik sampel jenuh. Penghitungan data dalam penelitian ini menggunakan software microsoft office excel 2013 dan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 70,33 sementara nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63,89. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara nilai post-test kedua kelas. Tes hipotesis menunjukkan bahwa sig. 2 tailed (p) adalah 0,003, sementara alpha (a) adalah 0,05. Dengan kata lain nilsi p < a, hal ini berarti bahwa H0 (Hipotesis null) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan video percakapan berbahasa Inggris efektif dalam belajar pemahaman pendengaran bahasa Inggris.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34454
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
M. Abdul Karim Arrasyid-FITK17.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.