Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34452
Title: Pengaruh Pendekatan Matematika Humanis Teknik Brainteasers Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa
Authors: Fadhla Rizkia
Advisors: Kadir
Finola Marta Putri
Keywords: Pendekatan matematika humanis teknik brainteasers;Penalaran adaptif matematis
Issue Date: 5-Apr-2017
Publisher: FITK
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan matematika humanis teknik brainteasers terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Penelitian ini diakukan di salah satu MAN di Cianjur pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only. Sampel penelitian sebanyak 85 siswa terdiri dari 44 siswa kelompok eksperimen dan 41 siswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data kemampuan penalaran adaptif matematis setelah perlakuan dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika humanis teknik brainteasers lebih tinggi daripada kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan deduktif. kemampuan penalaran adaptif matematis tersebut meliputi 3 indikator yaitu, mengajukan dugaan, memberikan alasan/bukti dan menemukan pola. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan matematika humanis teknik brainteasers berpengaruh terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa (ƞ 2 =0,12).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34452
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Fadhla Rizkia-FITK.pdf16.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.