Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34450
Title: Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan
Authors: Ranti Tri Kandita
Advisors: Tanenji
Keywords: strategi pembelajaran berbasis masalah
Issue Date: 15-Mar-2017
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3Tangerang Selatan : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan faktorfaktor pendukung dan penghambat Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) di kelas VII Akselerasi di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), melalui pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan adalah Pendidik mampu memotivasi peserta didik untuk berargumentasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran melalui strategi pembelajaran berbasis masalah dengan metode diskusi dan dengan strategi ini pula terlihat peserta didik memiliki nilai yang baik. Responden penelitian ini diambil dari peserta didik kelas VII akselerasi yang berjumlah 28 peserta didik. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran ini adalah Pendidik, Peserta didik dan Kejadian sekitar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34450
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ranty-FITK.pdf9.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.