Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34442
Title: Pengembangan media pembelajaran flash berorientasi pendekatan kontekstual komponen learning community pada materi koloid
Authors: Tiwi Desrina
Advisors: Tonih Feronika
Nanda Saridewi
Keywords: Model Pengembangan, Pendekatan Kontekstual Komponen Learning Community, Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash
Issue Date: 20-Feb-2017
Publisher: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan proses pengembangan mengacu kepada model pengembangan. Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data yaitu: (1) lembar validasi ahli media, (2) lembar validasi ahli materi, (3) respon siswa, dan (4) respon guru. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa media pembelajaran berbasis flash dapat dikembangkan menggunakan metode Pengembangan dengan tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tahapan yang dikemukakan oleh Bambang Warsita yang terdiri dari tiga tahap besar, yaitu: (1) tahap perancangan, dilakukan dengan analisis kebutuhan yang dilaksanakan di dua sekolah dan pembuatan story board; 2) tahap produksi, dilakukan pembuatan media pembelajran dan dilakukan validasi dengan ahli media dan ahli materi sampai media dinyatakan valid; dan 3) tahap evaluasi, dilakukan uji coba terhadap guru dan siswa dengan rata-rata dari respon guru didapatkan persentase sebesar 82,16% dengan kategori sangat baik dan dari respon murid didapatkan persentase sebesar 79,39% dengan kategori baik. Maka dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran berbasis flash yang berkualitas dan dapat digunakan oleh siswa dengan baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34442
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TIWI DESRINA-FITK.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.