Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34441
Title: Perngaruh model pembelajaran cybernetic dengan strategi kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
Authors: Nisa Permatasari
Advisors: Abdul Muin
Eva Musyrifah
Keywords: Cybernetic, Kooperatif, Berpikir Kreatif Matematis
Issue Date: 3-Mar-2017
Publisher: Fakultas Ilmu tarbiyah dan keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Cybernetic dengan strategi kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi statistika. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri di Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi experiment dengan desain penelitian randomized control group post test only design. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 86 siswa yang terbagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran Cybernetic dengan strategi kooperatif dan kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan pendekatan scientific. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Dari 10 kelas yang ada, terpilihlah dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan jumlah siswa yang sama yaitu 43 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Mann Whitney pada taraf nyata 5% diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang bernilai kurang dari α = 0,05 . Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas kontrol
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34441
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NISA PERMATASARI-FITK.pdf7.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.