Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34432
Title: FA'ALIYAH LU'BAH KALIMAT AL-MUKA'AB AL-HIJAIY WA AL-BITHAQAT AL-MUTTASHILAH FI AL-HUSHUL 'ALA AL-MAHARAT AL-LUGHAWIYYAH (DIRASAH TAJRIBIYYAH LADA TALAMIDZ AS-SHAFFI AS-SABI' BIMADRASAH HIDAYAH AL-UMAM AL-MUTAWASSITHAH AL-ISLAMIYAH
Authors: Siti Muassomah
Advisors: Wati Susiawati
Toto Edidarmo
Keywords: Kubus Hijaiyyah dan Kartu-Kartu Bersambung
Issue Date: 19-Apr-2016
Publisher: FITK
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap efektivitas penggunaan kubus hijaiyyah dan kartu-kartu bersambung dalam pembelajaran ketrampilan menulis dan mengungkap tingkatan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran imla’. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif di mana peneliti menggunakan metode deskriptif dan metode perbandingan untuk mengetahui efektivitas permainan kata-kata kubus hijaiyyah dan kartu-kartu bersambung bagi para siswa kelas 7 di Sekolah MTs Hidayatul Umam. Penulis mengambil populasi pada penelitian ini dari seluruh siswa kelas 7 di Sekolah MTs Hidayatul Umam yaitu pada tahun ajaran 2014/2015, jumlahnya 215 siswa, penulis mengambil sampelnya yaitu 60 siswa. Langkah yang digunakan pada penelitian ini antara dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara pribadi, observasi langsung, dan tes tertulis. Nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen (yang menggunakan kubus hijaiyyah dan kartu-kartu bersambung) yaitu 17,66 lebih besar nilainya dari nilai rata-rata kelompok (tanpa menggunakan kubus hijaiyyah dan kartu-kartu bersambung) yaitu 16,60. Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis yaitu bahwa imla’ menggunakan kubus hijaiyyah dan kartu-kartu bersambung di sekolah ini tidak ada pengaruh yang menunjukkan efektivitas pada ketrampilan menulis. Walaupun nilai kelompok eksperimen lebih besar dari nilai kelompok control, akan tetapi mulai dari nilai o t tidak menunjukkan efektivitas, yaitu nilai o t : 0,897947 dan nilai tt: 2,00dan 2,66. Maka nilai o t lebih kecil dari nilai tt dari hasil yang ditunjukkan 5% ataupun 1%. Hal tersebut karena sejumlah siswa tidak fokus pada proses kegiatan belajar dengan menggunakan permainan ini, mereka mulai acuh pada proses belajar yaitu bercanda dengan kelompok lainnya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34432
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Siti Muassomah27.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.