Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34429
Title: Kreativitas Guru Bahasa Indonesia dalam Penerapan PAIKEM pada Materi Anekdot (Studi Kasus di Kelas X Semester II MAN 12 Jakarta Barat)
Authors: Ulfah Sundusiah
Advisors: Hindun
Keywords: Kreativitas, PAIKEM, dan Anekdot
Issue Date: 20-Mar-2017
Publisher: FITK
Abstract: Pelajaran bahasa Indonesia terkesan membosankan bagi para siswa kelas X Semester II MAN 12 Jakarta Barat karena cara penyampaian materi yang guru berikan kurang menarik. Salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas X yaitu materi anekdot. Guru dapat menyampaikan secara menarik dan tidak membosankan apabila kegiatan belajar mengajar dirancang dengan penerapan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dengan kreativitas yang dimiliki oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru bahasa Indonesia dalam penerapan PAIKEM pada materi anekdot di kelas X semester II MAN 12 Jakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan oleh penulis adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X MIA 1 MAN 12 Jakarta menerapkan PAIKEM pada materi anekdot yaitu terlihat kreatif pada penerapan pembelajaran aktif, kreatif, dan efektif. Dalam pembelajaran aktif, guru mampu menerapkannya karena seluruh siswa aktif terlibat dalam pembelajaran. Pada pembelajaran kreatif, guru berhasil membuat siswa menciptakan teks anekdot dari setiap kelompok. Pada pembelajaran efektif, guru berhasil menerapkannya dengan memanfaatkan waktu yang telah disediakan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sedangkan pada penerapan pembelajaran inovatif guru tidak kreatif karena tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa. Selanjutnya, pembelajaran menyenangkan guru tidak kreatif karena siswa merasa bosan ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung dan tidak ada game yang dapat membangkitkan semangat siswa kembali
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34429
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ulfah Sundusiah6.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.