Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34428
Title: Fa'aaliyah Ittibaa' Usluub At-Tafkiir Binasyaath Fii As-Siyaaq Al-Ijtimaa'ii (TASC) Fii Tarjamah An-Nushuush Al-'Arabiyyah Ladaa Talaamiidz Al-Madrasah Ats-Tsaanawiyyah Al-Islaamiyyah Al-Hukuumiyyah 4 Jakarta
Authors: Farisha
Advisors: Muhbib Abdul Wahab
Raswan
Keywords: Efektivitas, Teknik Thinking Actively in a Social Context (TASC), Menerjemahkan Teks Bahasa Arab
Issue Date: 30-Mar-2017
Publisher: fitk
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang desain teknik Thinking Actively in a Social Context (TASC) dan pengembangannya dalam kegiatan menerjemahkan teks bahasa Arab, mengkaji tentang perbedaan secara statistik antara dua kelompok pada nilai siswa yang belajar menerjemahkan teks bahasa Arab menggunakan teknik ini dan siswa yang belajar menerjemahkan teks bahasa Arab dengan metode konvensional, dan menganalisis tingkat efektivititas teknik ini pada kemampuan siswa menerjemahkan teks bahasa Arab. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS Tahun Ajaran 2016/2017 MAN 4 Jakarta yang berjumlah 131 orang. Sampel penelitian terdiri atas 52 siswa, peneliti mengambil 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus t-test untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik TASC. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan memberikan tes tulis (pretest-posttest). Setelah penggunaan teknik TASC dalam kegiatan menerjemahkan teks bahasa Arab, terlihat adanya efektivitas dari siswa baik pemerolehan pemahaman menerjemahkan teks bahasa Arab secara konteks, peningkatan kemampuan berpikir, semangat belajar, maupun hasil belajar mereka. Kemudian, setelah pemberian tes kepada siswa, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 86,04 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 81,92, ini mengarah bahwa nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelompok kontrol. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di mana penggunaan teknik TASC dalam menerjemahkan teks bahasa Arab pada siswa di sekolah ini efektif, meskipun tingkat efektivitasnya rendah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34428
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARISHA14.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.