Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34426
Title: Penerapan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran geografi : Studi kasus SMAN 5 Depok
Authors: Prisda Ayutt Mutiami
Advisors: Muhamad Arif
Sodikin
Keywords: penilaian autentik, kurikulum 2013, pembelajaran geografi
Issue Date: 11-Jan-2017
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Depok. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan tiga kesimpulan. Yang pertama, persiapan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 yang dilakukan guru dalam pembelajaran geografi dinilai dari ranah pengetahuan dan keterampilan, dengan membuat indikator penilaian yang telah ada didalam RPP. Yang kedua, pelaksanaan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi dinilai pada ranah pengetahuan dan keterampilan. Dalam ranah pengetahuan guru menggunakan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang telah disiapkan pada RPP. Pelaksanaan penilaian keterampilan pada pembelajaran geografi menggunakan teknik kinerja, proyek, dan portofolio. Yang ketiga, pelaporan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi berbentuk nilai yang sesuai dengan KKM yang telah disepakati. Setelah guru mendapatkan hasil penilaian, guru mencatat pada buku nilai, selanjutnya pelaporan penilaian yang diberikan pendidik kepada peserta didik disertai dengan feedback sehingga dapat dijadikan acuan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34426
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
PRISDA AYUTT MUTIAMI-FITK.pdf12.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.