Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34412
Title: Strategi komunikasi public relations Hotel Sofyan Betawi (Syariah) dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu
Other Titles: --
Authors: Nadya Ramayani
Advisors: Wahidin Saputra
Keywords: Public Relation;strategi komunikasi;syariah;analisis deskriptif
Issue Date: Jul-2013
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Perkembangan bisnis perhotelan sekarang ini sangat pesat di Indonesia. Bidang promosi menjadi bagian yang penting dalam perusahaan perhotelan sebagai sarana komunikasi bagi perusahaan dengan pasar sasarannya yaitu tamu, dimana tugas ini diemban oleh seorang Public Realtions. Berjalannya zaman, prinsip syariah sudah memasuki bisnis perhotelan. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menganalisa, strategi komunikasi Public Relations seperti apa yang digunakan Hotel Sofyan Betawi yang menggunakan prinsip syariah dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu. Untuk mengetahui strategi komunikasi Public Relations Hotel Sofyan Betawi (Syariah) dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu, peneliti merumuskan masalah penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang digunakan hotel Sofyan Betawi dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap tamu dan bagaimana bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan Public Relations Hotel Sofyan Betawi terhadap para tamunya. Strategi komunikasi merupakan keseluruhan perencanaan, taktik, cara yang akan dipergunakan guna melancarkan komunikasi dengan memperhatikan keseluruhan aspek yang ada pada proses komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan Public Relations sebagai disiplin dan serangkaian usaha untuk menjaga reputasi dengan tujuan memperoleh pengertian atau pemahaman dan dukungan. Hotel syariah merupakan “Hotel yang menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum, serta jasa lainnya bagi umum, dikelola secara komersial, serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan pemerintah, industri, dan Syariah”. Dan mutu atau kualitas pelayanan adalah perbedaan antara harapan pelanggan akan suatu pelayanan dengan persepsi mereka akan pelayanan yang mereka terima. Dalam skripsi ini peneliti menggunakan jenis penelitian berdasarkan pendekatan deskriptif analisis. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Public Relations Hotel Sofyan Betawi dan objeknya yaitu strategi Public Relations Hotel Sofyan Betawi dalam membangun citra. Penelitian dilakukan di bulan Mei 2012 sampai dengan selesai dilaksanakan bertempat di Jl. Cut Meutiah 2, Cikini, Jakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan data dengan cara mengambil kesimpulan guna mencari jawaban dari pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisa data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis peneliti dengan Public Relations Hotel Sofyan Betawi, strategi komunikasi yang pertama yaitu strategi promosi, hotel Sofyan Betawi menggunakan media cetak dan sales call sebagai bentuk promosi. Strategi kedua, yaitu Pelayanan Syariah misal menerima pasangan yang bukan muhrim, hanya menyediakan makanan dan minuman halal, tiap kamar terdapat Al-Quran, buku doa, sajadah, dan arah kiblat. Bentuk komunikasi Public Relation hotel Sofyan Betawi yaitu komunikasi massa dan antar pribadi. Komunikasi massa Public Relation Hotel Sofyan Betawi adalah sales call. Komunikasi antar pribadi berkaitan dengan fasilitas yang nyaman dan syariah tentunya. Kata kunci: Public Relation, strategi komunikasi, syariah, analisis deskriptif
Description: v, 74 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34412
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NADYA RAMAYANI-FDK.pdf7.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.