Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34411
Title: Peningkatan kemampuan menulis cerita melalui jurnal harian siswa kelas IV MI Nurul Ilmi
Authors: Tasya Ratih Zulfa
Advisors: Ahmad Bahtiar
Keywords: Menulis cerita;Jurnal Harian
Issue Date: 12-Jun-2015
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Dalam menulis cerita ditemukan hambatan menentukan judul dan menuangkan ide dalam sebuah karangan. Untuk mengatasinya, peneliti menggunakan Jurnal Harian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis cerita siswa kelas IV MI Nurul Ilmi Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), karena metode ini bertujuan untuk melakukan perubahan dalam belajar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa hasil menulis cerita (karangan) pada siklus I dan siklus II, angket untuk siswa, hasil wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerita di siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar sebelum tindakan menulis cerita dengan menggunakan Jurnal Harian siswa. Pada hasil pratindakan nilai rata-rata siswa 52,91, setelah diberi tindakan pada akhir siklus rata-rata menulis cerita siswa pada akhir siklus II, yaitu 72,18. Hal ini membuktikan melalui Jurnal Harian siswa berhasil meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas IV MI Nurul Ilmi Bogor.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34411
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TASYA RATIH ZULFA-FAH.pdf947.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.