Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34409
Title: Penggunaan media audio visual dalam meninggkatkan kemampuan kognitif siswa (pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI Al-Ihsan)
Authors: Eka Novianti
Advisors: Yudhi Munadi
Fauzan
Keywords: media audio visual;perkembangan kognitif
Issue Date: 16-Jan-2015
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Obyek penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa (pada mata pelajaran Fiqh di MI Al-Ihsan)”. Untuk mendapatkan data tersebut penulis melakukan penelitian. Diataranya dengan melakukan: persiapan, penelitian, pelaksanaan penelitian (tekhniknya menggunakan: observasi, wawancara, pilihan ganda, dan dokumentasi). Observasi ini dilakukan ada kelas IV A/B di MI Al-Ihsan. Wawancara dilakukan kepada guru pelajaran dan siswa-sisw kelas IV A/B di MI Al-Ihsan. Siswa-siswi mengerjakan soal pilihan ganda terdiri dari 40 siswa yang terdiri 20 siswa-siswi dari kelas yang lain di kelas IV MI Al-Ihsan. Dokumentasi di sekolah Al-Ihsan. Hasil dari tes dan wawancara tentang Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Siswa (pada mata pelajaran Fiqh di MI Al-Ihsan) sudah efektif. Itu dapat dilihat dari hasil pertama dengan rata-rata 63,5. Penguasaan dalam pembelajaran siswa mencapai 73,33% dan aktivitas siswa 733,3 % ini termasuk kedalam kategori yang bagus. Dari hasil penelitian yang kedua di dapatkan rata-rata indikator pembelajaran 70,03% dan pengguasaan pembelajaran 86,66% dan aktifitas siswa 91,45% ini termasuk sangat bagus. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34409
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
EKA NOVIANTI-FITK.pdf5.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.