Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34401
Title: Evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan metode libqual+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok
Authors: Nurfitriani Arfah
Advisors: Fadhilatul Hamdani
Keywords: Kualitas Layanan, Metode LibQUAL+™, Perpustakaan Umum
Issue Date: 25-Feb-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, 2017
Abstract: Penelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas layanan dengan menggunakan metode metode LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan berdasarkan aspek, affect of service, information control dan Library as place di Perpustakaan Umum Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna terdaftar sebagai anggota perpustakaan sampai September 2016 berjumlah 3417 orang. Dari populasi tersebut ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin, diperoleh sampel berjumlah 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas layanan berdasarkan aspek affect of service, pemustaka cukup puas dengan Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,85 dan perpustakaan bernilai baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -0,98. Berdasarkan aspek information control, pemustaka cukup puas dengan Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 0,73 dan perpustakaan bernilai baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -1,29. Berdasarkan Aspek library as place pemustaka cukup puas dengan Gap Adequancy (GA) bernilai positif dengan skor 1,36 dan perpustakaan bernilai baik dengan Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan Skor -0,54. Kualitas layanan secara keseluruhan dari tiga dimensi LibQUAL+™ di Perpustakaan Umum Kota Depok menunjukan bahwa Gap Adequancy (GA) yang bernilai positif dengan skor 0,98 menunjukan pemustaka cukup puas atas kualitas layanan. Gap Superiority (GS) bernilai negatif dengan skor sebesar -0,93 yang menunjukan bahwa kualitas layanan dinilai baik dan berada dalam batas toleransi/zone tolerance, namun belum mampu memenuhi harapan sesungguhnya yang diinginkan pemustaka
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34401
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURFITRIANI ARFAH-FAH.pdf3.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.