Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34400
Title: Pengaruh metode kooperatif learning teknik make a macth terhadap prestasi belajar IPS
Authors: Rini Sumarwati
Advisors: Faridal Arkam
Keywords: model pembelajaran kooperatif, make a macth, Prestasi belajar.
Issue Date: 30-Mar-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam bidang studi IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SD Joglo 08 Pagi kota Jakarta Barat pada tahun 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Two grup randomized subjects pretest posstest. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, siswa kelas A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif make a macth dan siswa kelas B sebagai kelas kontrol yang menggunakan penelitian pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda. Tes tersebut digunakan unuk mengetahui prestasi belajar IPS. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t pada araf signifikan (α) = 0,05, didapatkan thitung >tabel yaitu 2,773 > 2,004. Sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap prestasi belajar siswa yang menggunkan pembelajaran kooperatif make a macth dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional ceramah pada mata pelajaran IPS
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34400
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RINI SUMARWATI watermark.pdf9.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.