Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34399
Title: Peningkatan kemampuan menulis surat dinas dengan metode drill pada siswa kelas VIII A MTs Daarul Ahsan, Tangerang
Authors: Ahmad Khudori
Advisors: Mahmudah Fitriyah ZA
Keywords: Metode Drill;Surat Dinas
Issue Date: 30-Mar-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII MTs Daarul Ahsan, Tangerang dalam menulis surat dinas dengan metode drill. Metode drill merupakan metode yang pada pelaksanaannya siswa diberikan latihan-latihan dengan dibimbing langsung oleh guru, agar siswa mendapatkan nilai yang diharapkan. Metode drill dapat direalisasikan dalam berbagai bentuk teknik yaitu, kerja kelompok, micro teaching, modul belajar, dan belajar mandiri. Sebelum menggunakan metode drill dalam pembelajaran keterampilan menulis surat resmi pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas 51,2 dengan kategori kurang. Kemudian pada siklus I dan siklus II digunakanlah metode drill dalam pembelajaran tersebut, pada hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,9 dengan kategori cukup karena nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), kemudian dilanjut dengan tes siklus II, maka diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 84 dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis pada siswa kelas VIII A MTs Daarul Ahsan, Tangerang setelah diterapkan metode drill (latihan) dalam pembelajarannya, sehingga mendapat nilai yang diharapkan dan respon positif siswa, dengan dibimbing langsung secara individu, siswa merasa sangat diperhatikan dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, mereka lebih aktif dan dan kreatif dari biasanya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34399
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AHMAD KHUDORI-FAH.pdf36.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.