Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34379
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN “KNOWLEDGE SHARING” TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Authors: Evia Fajriati Kusmana
Advisors: Dr. GELAR DWIRAHAYU, M.Pd
EVA MUSYRIFAH, M.Si
Keywords: Strategi Pembelajaran Knowledge Sharing.;Berpikir Kreatif Matematis
Issue Date: 24-Mar-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Ihsan Pamulang tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only. Sampel Penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang melibatkan 98 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran knowledge sharing lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (p-value = 0,0005 < 0,05). Secara deskripsi dapat dilihat juga nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran knowledge sharing sebesar 62,63% dan strategi pembelajaran konvensional sebesar 50,14%. Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran knowledge sharing pada aspek berpikir lancar 78,19%, aspek berpikir orisinil 44,68%, aspek mengevaluasi 71,28%, dan aspek mengelaborasi 56,38%. Sedangkan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada aspek berpikir lancar 71,20%, aspek berpikir orisinil 30,98%, aspek mengevaluasi 53,80%, dan aspek mengelaborasi 44,02%. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran knowledge sharing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34379
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Evia Fajriati Kusmana198.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.