Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34375
Title: Analisis Miskonsepsi Materi Asam Basa Siswa SMA/MA di Kabupaten Tangerang dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier
Authors: Siti Masitoh
Advisors: Salamah Agung, Ph.D.
Burhanudin Milama, M.Pd
Keywords: Miskonsepsi, Asam Basa, Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier, Jenis Kelamin, Jenis Sekolah
Issue Date: 17-Mar-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Miskonsepsi adalah ketidaksesuaian suatu konsep dengan pengertian ilmiah. Materi asam basa termasuk konsep yang abstrak sehingga siswa mengalami miskonsepsi pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada konsep apa saja siswa mengalami miskonsepsi dalam materi asam basa dan bagaimana miskonsepsi siswa jika dilihat dari jenis sekolah dan jenis kelaminnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA dan MA di Kabupaten Tangerang dengan subjek sebanyak 510 siswa dari kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes diagnostik Two-Tier pilihan ganda yang dianalisis menggunakan pemodelan Rasch.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebanyak 33,5% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep teori asam basa, 35% pada konsep indikator asam basa, 28% pada konsep kekuatan asam (pH), 44% pada konsep tetapan ionisasi (Ka/Kb), 34,25% pada konsep perhitungan pH larutan, dan 63% pada konsep pH dalam lingkungan. Selain itu, tidak terdapat perbedaan miskonsepsi antara siswa SMA dengan MA dan siswa laki-laki dengan perempuan. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi penggunaan instrumen diagnostik Two-Tier untuk mendeteksi miskonsepsi siswa di awal pembelajaran.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34375
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI MASITOH15.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.