Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34374
Title: Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Endokrin
Authors: Zahidah Farhati
Advisors: Ir.Mahmud M.Siregar, M.Si.
Nengsih Juanengsih, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran;Learning Cycle 7E;keterampilan berpikir kritis
Issue Date: 27-Mar-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem endokrin. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa untuk kelompok eksperimen dan 42 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan data menggunakan istrumen tes berupa tes essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta lembar observasi guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem endokrin. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 3,097 dan nilai t-tabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,99, maka t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel. Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem endokrin.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34374
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
zahidah.pdf9.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.