Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34371
Title: Enhancing Students' Writing Ability of Descriptive Text through Picture Media
Other Titles: Meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif dengan media gambar
Authors: Edyana Isnan
Advisors: Dr. Alek
Keywords: Writing;Descriptive Text
Issue Date: 17-Jan-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah picture media meningkatkan kemampuan menulis text deskripsi siswa kelas VIII A. Subjek penelitian ini adalah 37 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan melakukan prosedur dalam penelitian tindakan, seperti: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan perefleksian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan untuk tiap siklusnya. Data-data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, jurnal observasi, lembar kuesioner, dan tes. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan menulis teks diskusi siswa. Secara bertahap, raihan dan perilaku siswa terhadap pelaksanaan penelitian meningkat. Pada tahap pre-action, rata-rata nilai siswa adalah 66,41 dan hanya 13 siswa saja yang mampu melewati kriteria ketuntasan minimal (75). Akan tetapi, pada siklus pertama dan kedua terdapat peningkatan yang signifikan, rata-rata nilai siswa pada siklus pertama adalah 75,00 dan pada siklus kedua adalah 79,35. Selain itu, jumlah siswa yang dapat melewati kriteria ketuntasan minimal juga meningkat, semua siswa berhasil melewati kriteria tersebut. Selain itu, berdasarkan hasil observasi, kondisi kelas pada siklus pertama dapat dikategorikan sebagai Baik. Akan tetapi, ada beberapa aspek yang belum dapat diatasi. Kemudian, pada siklus kedua, aspekaspek tersebut dapat diatasi dan keadaan kelas pun dapat dikategorikan sebagai Sangat Baik. Sebagai kesimpulan, media gambar dapat meningkatkan pencapaian dan juga partisipasi siswa di dalam kelas.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34371
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Edyana Isnan16.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.