Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34366
Title: Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Upaya Keterampilan Membaca Siswa kelas 3 SDIT Permata Gemilang
Authors: Esti Mutia Hayati
Advisors: Dindin Ridwanudin, M.Pd
Keywords: CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition);Keterampilan Membaca
Issue Date: 24-Feb-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca melalui penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas 3 SDIT Permata Gemilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas 3 SDIT Permata Gemilang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 65,9375 dan siklus II 80. Pada siklus I ditemukan bahwa dari 16 siswa yang mengikuti tes siklus I, terdapat 7 orang siswa yang mencapai nilai KKM dan 9 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM. Namun pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan seluruh siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 70.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34366
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Esti Mutia Hayati48.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.