Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34360
Title: Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep Sistem Sirkulasi Menggunakan Instrumen Three-tier Test
Authors: Musliyadi
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd
Keywords: Miskonsepsi, Konsep Sistem Sirkulasi;Three-tier Test.
Issue Date: 20-Feb-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep sistem sirkulasi menggunakan instrumen Three-tier Test di SMAN 2 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini deskriptif eksploratif dengan menggunakan instrumen Three-tier Test. Waktu penelitian dilaksanakan pada 19 Januari sampai dengan 31 Januari 2015. Subjek penelitian berjumlah 40 siswa kelas XI MIA SMAN 2 Kabupaten Tangerang yang diambil dari empat kelas dengan menggunakan teknik sampling Disproportionate Stratified Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa terhadap soal Three-tier Test. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada siswa kelas XI MIA SMAN 2 Kabupaten Tangerang. Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 34,9% dari jumlah peserta yang diteliti sebanyak 40 siswa. Ragam miskonsepsi yang dialami siswa pada konsep sistem sirkulasi: komponen dan fungsi darah, pembekuan darah, penggolongan darah, transfusi darah, organ-organ peredaran darah, mekanisme peredaran darah, dan kelainan pada sistem peredaran darah. Perbandingan miskonsepsi siswa berdasarkan kelompok prestasi belajar siswa; kelompok tinggi mengalami miskonsepsi sebanyak 22,5%, kelompok sedang mengalami miskonsepsi sebanyak 37,5%, dan kelompok rendah mengalami miskonsepsi sebanyak 43%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34360
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Musliyadi30.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.