Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34359
Title: Tahliil Muhtawa Li Kitab Ta'limul 'Arabiyyah lil Mubtadi'in 'alaa Maharoh Al-Qiro'ah wa Al-Kitabah
Other Titles: Analisis Materi Buku "Ta'limul 'Arabiyyah lil Mubtadi'in" pada ketrampilan membaca dan menulis
Authors: FIKA AHYANA
Advisors: Prof. Moh. Matsna
Maswani, MA
Keywords: Analisis Materi
Issue Date: 14-Jul-2015
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, peneliti menggunakan metode deskriptif dan analisis, metode tersebut adalah metode dengan menganalisis apa yang ditetapkan peneliti dari teks dan ide-ide. Peneliti menganalisa data-data dalam analisis teks buku "Pengajaran Bahasa Arab untuk pemula”, yakni klasifikasi data yang diketahui dengan jelas dan spesifik, menginterpretasi data, dan disusun dalam bagian-bagian tertentu, memilih data-data penting untuk penelitian ilmiah, meringkas dan mengeksplorasi data untuk mendapatkan hasil penelitian, lalu membandingkan dengan tulisan/hasil lainnya untuk menambah dan memperkuat ide-ide berbeda yang tersirat pada data. Kemudian metode deskriptif memberikan peneliti gambaran intelektual atau klarifikasi atas hasil analisis buku ini dengan jelas. Setelah apa yang penulis bahas dan menganalisa isi buku "Pengajaran Bahasa Arab untuk pemula” kemudian peneliti mencapai kesimpulan sebagai berikut: 1. Kemampuan bahasa yang ditampilkan oleh penulis (buku) terbatas untuk menyediakan keterampilan mendengarkan, membaca dan menulis. Keterampilan mendengarkan yang layak termasuk kosakata yang ada dalam bahan bacaan tidak diberikan latihan. Dan penulismemberi materi membaca materi dengan menggunakan kosakata Arab untuk menambah pemahaman siswa aka isi materi buku. Buku ini juga tersedia materi menulis artikel, tergantung pada baris tulisan, yang terdiri dari menulis tentang tata cara menulis huruf hijaiyah. 2. Dari segi teks bacaan pada buku ini, teks sepenuhnya cocok/sesuai untuk pemula, karena tidak mencakup beban, artinya kata-kata atau kosa kata dalam cara membaca, membuat siswa tidak ragu-ragu dalam kinerja membaca. Maka keseluruhan teks sesuai dengan harapan penulis sebagai panduan siswa/pelajar untuk mendapatkan kemampuan mengembangkan suara melalui tulisan-tulisan simbol. Oleh karena itu, kita menemukan bahwa akhir kata kadang tidak dicek dan dengan harokat. 3. Dari segi materi keterampilan menulis dalam buku ini saya melihat berkualitas mutlak yang mencakup tata cara menulis huruf hijaiyah yang baik dan benar, memberikan gambaran yang jelas tentang siswa bagaimana menulis huruf di awal, tengah, atau akhir kata. Dengan begitu akan menambah atau setidaknya meningkatkan apresiasi dengan meringankan apa yang dibayangkan siswa bahwa menulis bahasa Arab sangat sulit dan menimbulkan pusing di kepala. 4. Penulis buku ini berharap dapat membantu siswa pemula yang ingin belajar bahasa Arab dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dengan demikian, penulis bertekat untuk mengembangkan teknik suara untuk masing-masing keterampilan bahasa dengan semua komponen.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34359
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fika Ahyana.pdf11.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.