Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34342
Title: Analisis Ketersediaan Pertanyaan Berdasarkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Buku Teks Pelajaran Fisika Pada Konsep Keseimbangan Benda Tegar
Authors: Arini Nur Chayati
Advisors: Erina Hertanti, M.Si
Ai Nurlaela, M.Si
Keywords: Buku Teks Pelajaran
Issue Date: 1-Jan-2017
Publisher: FITK UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan pertanyaan berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dalam buku teks. Buku teks yang dianalisis adalah buku teks pelajaran Fisika SMA yang paling banyak digunakan di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil survei diketahui bahwa buku teks yang paling banyak digunakan, yaitu buku teks karya Marthen Kanginan (buku I) dan buku teks karya Tim Kreatif Fisika (buku II). Berdasarkan hasil survei diketahui juga bahwa konsep keseimbangan benda tegar merupakan konsep yang dianggap kompleks oleh peserta didik kelas XII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data triangulasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen nontes berupa kuesioner, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan pertanyaan berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada buku I (buku Marthen Kanginan) sebesar 51,6% dan pada buku II (buku Tim Kreatif Fisika) sebesar 26,5%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa separuh pertanyaan yang dikembangkan dalam buku I (buku Marthen Kanginan) adalah pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan buku II (buku Tim Kreatif Fisika) didominasi oleh pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat rendah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan pada buku I (buku Marthen Kanginan) dan buku II (buku Tim Kreatif Fisika) adalah pertanyaan dengan jenjang kognitif C4 atau pertanyaan yang bersifat menganalisis. Kata Kunci: analisis pertanyaan, buku teks pelajaran Fisika, kemampuan berpikir tingkat tinggi ABSTRACT Arini Nur Chayati, NIM. 1111016300010. “Analyzing Availibility of Questions Based on Higher Order Thinking in the Physics Textbook in the Concept of Rigid Body”. Thesis, Physics Education Program, Department of Natural Science Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. 2016 The purpose of this research is to analyze the availibility of questions based on higher order thinking that was developed in textbook. The textbook selected for this research is the most physics textbook used in the high school in South Tangerang in the terms of 2015/2016. According to the survey’s result it was found that the most textbook used is, the textbook from Marthen Kanginan (book I) and the textbook from Tim Kreatif Fisika (book II). Based on survey’s result too, it has been discovered that Rigid Body’s concept was the most difficult and complex concept according to the students opinion. The research method we used is descriptive method with triangulasi data technique analysis. Using the instrument of nontes such as questionnaire, interview guidance, and observation sheets. Analysis result shows that the availibility of questions based on higher order thinking in book I (Marthen Kanginan’s book) was 51,6% and in book II (Tim Kreatif Fisika’s book) was 26,5%. The percentage indicated that half of questions that was developed in book I (Marthen Kanginan’s book) is questions that developed higher order thinking and book II (Tim Kreatif Fisika’s book) was dominated by the questions that developed low order thinking. The higher order thinking was developed in book I (Marthen Kanginan’s book) and book II (Tim Kreatif Fisika’s book) was the questions with C4 cognitive levels or analysis questions. Keywords: questions analysis, physics textbook, higher order thinking
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34342
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARINI NUR CHAYATI52.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.