Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34334
Title: Pendidika Keimanan dalam Nazam Aqidat al-'Awam
Authors: Solihati
Advisors: Dr. Akhmad Sodiq, MA
Keywords: keimanan
Issue Date: 14-Feb-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pendidikan yang terdapat pada Naẕam ‘Aqidat al-‘Awȃm. Dengan harapan pendidikan yang terdapat pada Naẕam ‘Aqidat al-‘Awȃm, bisa mengatasi problematika akidah yang terjadi di kalangan umat Islam guna menjaga keimanan umat Islam agar tetap konsisten. Dan untuk mengatasi itu semua, dapat dimulai melalui pendidikan. Sebab, lembaga pendidikan berperan penting dalam menanamkan keimanan, terlebih lembaga pendidikan Islam. Untuk itu, lembaga pendidikan harus memikirkan secara matang materi pendidikan keimanan yang akan disampaikan, tentunya yang sesuai dengan ajaran Islam, sebagai tujuannya. benar-benar mempersiapkan konsep pendidikan keimanan, tentunya yang sesuai dengan ajaran Islam, sebagai tujuannya. Di samping itu, penting juga mempersiapkan konsep pada saat proses pembelajaran, seperti penggunaan metode yang menyenangkan agar peserta didik menikmati setiap proses pembelajaran yang dilalui. Adapun metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, lebih tepatnya adalah metode penelitian kepustakaan atau library reasearch yang bercorak deskriptif analitis atau analitis kritis, yaitu mengkaji gagasan primer mengenai ruang lingkup permasalahan yang dipercaya oleh gagasan sekunder yang relevan. Hasil penelitian yang didapat bahwasanya terdapat konsep pendidikan keimanan dalam Naẕam ‘Aqidat al-‘Awȃm meliputi perkara rukun iman, selain iman kepada qadha dan qadar. Hal itu dikarenakan perkara qadha dan qadar sulit dipahami oleh orang awam, karena tujuan Nazam ‘Aqidat al-‘Awȃm sendiri adalah untuk mempermudah orang awam atau pemula yang mempelajari akidah. Selain itu, perkara qadha dan qadar secara tersirat sudah terangkum dalam rukun iman yang pertama yaitu iman kepada Allah Swt. Jadi, tidak ada paradigma baru yang signifikan mengenai pendidikan keimanan dalam Nazam ‘Aqidat al-‘Awȃm, karena berbicara masalah keimanan berarti berbicara mengenai rukun iman yang enam perkara. Dalam Nazam ‘Aqidat al-‘Awȃm juga mewajibkan untuk mukallaf mengetahui dan meyakini persoalan nabi Muhammad Saw secara rinci.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34334
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SOLIHATI-FITK.pdf4.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.