Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34332
Title: Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Hiperteks
Authors: Muhamad Arif
Keywords: Desain Pembelajaran Sejarah;Berbasis Hiperteks
Issue Date: 1-Apr-2008
Publisher: Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Sampai saat ini pedidikan sejarah masih dihadapkan pada beberapa masalah yang menghambat pencapaian prestasi belajar di kalangan para pelajar , yakni : (1) rendahnya motifasi para pelajar dalam mengikuti pembelajaran sejarah dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada umumnya ,dan (3) rendahnya minat dan kemampuan membaca di kalangan pelajar.Sebagai upaya untuk mengatasi ketiga masalah tersebut di kemukakan desain model pembelajaran sejarah berbasishiperteks, yang mencakup: (1) perencanaan pembelajaran , yang mencakup kegiatan penetapan tujuan dan fokus pada topik pembelajaran, (2) menggali informasi (pengetahuan) berdasarkan model representasi hiperteks, yang mencakupkegiatan menggali informasi (pengetahuan) dari model representasi hiperteks dan menyeleksi informasi (pengetahuan) dari model representasi hiperteks dan menyeleksi informasi (pengetahuan) yang relevan, (3) mendiskusi informasi (pengetahuan), yang mencakup kegiatan diskusi pada level kelompok dan pada level kelas, (4) melakukan penilaian, yang mencakup penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran, serta (5) refleksi terhadap keseluruhan proses pembelajaran
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34332
ISSN: vol.II No.01,April 2008
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Arief-FITK37.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.