Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34318
Title: Hubungan faktor faktor internal terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta Tahun Ajaran 2015-2016
Authors: Clarissa Maharani Putri
Advisors: Riva Auda
Fika Ekayanti
Keywords: prestasi belajar;kesehatan;nutrisi;pola tidur;aktivitas fisik;motivasi
Issue Date: 2016
Publisher: FKIK UIN Jakarta
Abstract: Latar Belakang Faktor kesehatan seperti riwayat penyakit, nutrisi, pola tidur, aktivitas fisik dan motivasi mempunyai efek terhadap prestasi belajar. Dengan pengetahuan mengenai hubungan faktor-faktor kesehatan dengan prestasi belajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang masih peringkat bawah dan masuk dalam kategori median human development. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas 2 di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta tahun ajaran 2015-2016. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian potong lintang yang terdiri dari 120 subjek penelitian. Seluruh subjek penelitian mengisi kuesioner untuk menilai faktor-faktor risiko internal, dan dilakukan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan. Prestasi belajar didapat dari rata-rata selama 4 semester (kelas 7 dan kelas 8). Hasil: Faktor risiko internal yang mempunyai hubungan bermakna terhadap prestasi belajar menggunakan analisis chi square adalah jenis kelamin (p:0,023) anemia (p:0,002), batuk pilek (p:0,048), alergi (p:0,035), intake makanan (p:0,043), aktivitas intensitas sedang (p:0,048) dan penghargaan (0,000). Selanjutnya dengan analisis regresi logistik didapatkan kekurangan intake makanan (OR : 4,755 P= 0,005 IK 95% 1,597-14,158), jenis kelamin laki-laki (OR: 3,664 P : 0,008 OR : 3,664 IK 95% 1,402-9,578), dan gangguan pernapasan saat tidur (OR: 3,156 P : 0,080 OR 3,156 IK 95% 0,872-11,42), mempunyai kekuatan hubungan paling kuat terhadap prestasi belajar kurang. Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara jenis kelamin, anemia, batuk pilek, alergi, intake makanan, aktivitas fisik intensitas sedang dan penghargaan terhadap prestasi belajar, sedangkan durasi tidur tidak terdapat hubungan bermakna terhadap prestasi belajar. Kekuatan paling kuat terhadap prestasi belajar kurang adalah intake makanan, jenis kelamin, gangguan pernapasan saat tidur, anemia dan penghargaan.
Description: Lengkap
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34318
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CLARISSA MAHARANI PUTRI-FKIK.pdf3.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.