Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34307
Title: Gambaran Klaim Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Yang Ditolak Pada Layanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Tahun 2016
Authors: Halida Mutia
Advisors: Fase Badriah
Catur Rosdiati
Keywords: JKN;Klaim Ditolak;Berkas Klaim;Rumah Sakit;BPJS kesehatan
Issue Date: Dec-2016
Publisher: FKIK UIN Jakarta
Abstract: Program Jaminan Kesehatan Nasional sudah dijalankan oleh rumah sakit Singaparna Medika Citrautama (RS SMC) Kabupaten Tasikmalaya per satu Januari 2014. Selama pelaksanaan program JKN di RS SMC ditemukan permasalah berupa adanya kasus klaim yang ditolak. Pada tahun 2014 terjadi kasus klaim ditolak pada pelayanan rawat jalan sebanyak 476 kasus dan pada tahun 2015 kasus klaim yang ditolak mengalami peningkatan menjadi 601 kasus. Salah satu penyebab klaim yang ditolak adalah adanya ketidaklengkapan berkas klaim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus terhadap tiga berkas klaim JKN yang ditolak oleh verifikator BPJS. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Informan pada penelitian ini terdiri dari koordinator pendaftaran rawat jalan, petugas pendaftaran rawat jalan, kepala seksi pelayanan rawat jalan, petugas administrasi poliklinik, petugas rekapitulasi, koordinator dan petugas administrasi klaim. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tiga berkas klaim JKN yang ditolak pada aspek kelengkapan masih belum lengkap. Sedangkan dari validitas isi dan aspek waktu pengajuan berkas klaim tidak ditemukan ada permasalahan. Akan tetapi, terdapat permasalahan lain yang menyebabkan berkas klaim ditolak yaitu karena jumlah kunjungan pasien yang sudah lebih dari tiga kali dalam satu bulan dengan diagnosa dan poliklinik yang sama dan terdapat pasien yang menolak tindakan yang diberikan oleh dokter. Berdasarkan pendekatan sistem, pelayanan administrasi pasien JKN dan proses pemberian kode dan entri data belum berjalan optimal. Disarankan rumah sakit untuk melakukan pelatihan terhadap petugas administrasi, pembuatan SOP tentang pemberkasan klaim JKN, menambahkan jumlah perangkat komputer dan mengimplementasikan bridging system.
Description: Lengkap
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34307
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HALIDA MUTIA-FKIK.pdf3.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.