Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34297
Title: Peran Habib Saggaf bin Mahdi dalam Perkembangan Pendidikan Kewirausahaan Mandiri di Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung - Bogor
Authors: Faisal Abda'u
Advisors: Dr. Akhmad Sodiq, MA
Keywords: Nilai, Pendidikan, Cita-cita dan Kemauan.
Issue Date: 10-Jan-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Habib Saggaf bin Mahdi mengabdikan seluruh masa hidupnya demi memperjuangkan pendidikan Islam, mengembangkan potensi umat ditengah krisis hebat yang melanda negeri ini kala itu. Tanpa kenal lelah dan tulus ikhlas berjuang atas dasar kecintaan kepada dakwah sang Datuk Beliau yang mulia, Rasulullah Saw. Membangun lembaga-lembaga pendidikan untuk memfasilitasi pendidikan yang Beliau kembangkan yang kesemuanya itu diperuntukkan kepada setiap yang ingin menuntut ilmu kepada Beliau secara cuma-cuma. Suatu bentuk perjuangan yang perlu dikaji, dipahami dan dilanjutkan perjuangannya. Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui peran Habib Saggaf bin Mahdi dalam perkembangan pendidikan kewirausahaan mandiri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok yang berkaitan dengan Habib Saggaf bin Mahdi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Habib Saggaf bin Mahdi adalah pejuang pendidikan yang memiliki cita-cita yang tinggi, kemauan yang kuat dan kerja keras serta sikap tegas dalam mencapai tujuannya. Bagi Habib Saggaf bin Mahdi, jawaban tepat atas semua kekacauan yang terjadi pada bangsa ini adalah pendidikan, dan pendidikan adalah hak setiap insan. Dan salah satu wujud dari realisasi gagasan beliau adalah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren al- Ashriyyah Nurul Iman di Bogor yang merupakan hasil dari kerja kerasnya dalam memperjuangkan pendidikan Islam khusunya di Indonesia.Habib Saggaf bin Mahdi mengabdikan seluruh masa hidupnya demi memperjuangkan pendidikan Islam, mengembangkan potensi umat ditengah krisis hebat yang melanda negeri ini kala itu. Tanpa kenal lelah dan tulus ikhlas berjuang atas dasar kecintaan kepada dakwah sang Datuk Beliau yang mulia, Rasulullah Saw. Membangun lembaga-lembaga pendidikan untuk memfasilitasi pendidikan yang Beliau kembangkan yang kesemuanya itu diperuntukkan kepada setiap yang ingin menuntut ilmu kepada Beliau secara cuma-cuma. Suatu bentuk perjuangan yang perlu dikaji, dipahami dan dilanjutkan perjuangannya. Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui peran Habib Saggaf bin Mahdi dalam perkembangan pendidikan kewirausahaan mandiri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok yang berkaitan dengan Habib Saggaf bin Mahdi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Habib Saggaf bin Mahdi adalah pejuang pendidikan yang memiliki cita-cita yang tinggi, kemauan yang kuat dan kerja keras serta sikap tegas dalam mencapai tujuannya. Bagi Habib Saggaf bin Mahdi, jawaban tepat atas semua kekacauan yang terjadi pada bangsa ini adalah pendidikan, dan pendidikan adalah hak setiap insan. Dan salah satu wujud dari realisasi gagasan beliau adalah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren al- Ashriyyah Nurul Iman di Bogor yang merupakan hasil dari kerja kerasnya dalam memperjuangkan pendidikan Islam khusunya di Indonesia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34297
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FAISAL ABDA’U - 1111011000121 (watermark).pdf2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.