Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34296
Title: Fa'aliyyah Istiratijiyyat Al-Ta'allum Al-Ta'awuni Fii Tadris Al-Jumlah Al-Ismiyyah Ladaa Talamidz Madrasah Al-Falah Al-Mutassithah Al-Islamiyyah Jakarta
Other Titles: Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Jumlah Ismiyyah Pada SIswa MTs Al-Falah Jakarta
Authors: Ahmad Fairuzabadi
Advisors: Toto Edidarmo,MA
Siti Uriana Rahmawati, M.Ag
Issue Date: 7-Mar-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran aljumlah al-ismiyyah, mengungkap tingkat kemampuan siswa dalam belajar al-jumlah al-ismiyyah dengan strategi tersebut, dan mengungkap tingkat efektivitas strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa MTs Al-Falah Jakarta. Strategi ini merupakan strategi yang mudah untuk guru yang baru menggunakan strategi pembelajaran tersebut. Strategi ini telah diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini pada siswa kelas VII di sekolah tersebut. Penelitian ini membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam pelajaran bahasa Arab, khususnya tarkib aljumlah al-ismiyyah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif ketika mengumpulkan data dan menganalisisnya. Adapun cara yang dilakukan oleh peneliti dalam mengumpulkan data adalah observasi langsung dalam kegiatan pembelajaran tarkib, wawancara kepala sekolah dan guru bahasa Arab, serta post test untuk siswa. Peneliti menggunakan rumus ttest untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi pembelajaran kooperatif di sekolah ini. Mean kelas eksperimen yakni 86,77 dengan predikat amat baik dan mean kelas kontrol yakni 78,22 dengan predikat baik. Nilai to = 2,74 dan nilai tt = 2,0 pada tingkat 5% maka hasil to lebih besar dari hasil tt. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pengganti diterima dan hipotesis nol ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran al-jumlah al-ismiyyah (mubtada khabar) di kelas eksperimen itu efektif.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34296
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ahmad Fairuzabadi14.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.