Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34291
Title: Pengembangan Instrumen Penilaian Skala Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum 2013
Authors: Yuniati
Advisors: Dedi Irwandi, M.Si
Nanda Saridewi, M.Si
Keywords: Penilaian Sikap, Skala Sikap, Sikap Ilmiah
Issue Date: 14-Feb-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dalam bentuk skala sikap ilmiah. Proses pengembangan menggunakan metode deskriptif dan evaluatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan kondisi sekolah, sedangkan metode evaluatif digunakan untuk mengevaluasi kelayakan produk. Instrumen ini dikembangkan dengan menggunakan model prosedural yang memodifikasi desain tahapan pengembangan dari Sitiatava Rizema Putera. Kualitas instrumen dapat dilihat dari validitas isi, uji respon, dan diskriminasi butir (t-test dan koefisien korelasi Pearson). Selanjutnya, instrumen harus memenuhi kelayakan melalui uji respon seperti isi, penampilan, dan bahasa yang tepat. Kemenarikan dari suatu instrumen dapat mempengaruhi peserta didik untuk merespon lebih serius terhadap pernyataan skala sikap ilmiah. Sikap keseriusan ini diharapkan menghasilkan instrumen yang valid. Subjek penelitian ini melibatkan 106 peserta didik dan 3 guru kimia. validitas isi untuk jumlah keseluruhan butir dianggap 100% telah memenuhi syarat, tetapi dalam uji lapangan hanya 95,24% lulus diskriminasi butir. Hasil uji respon terhadap skala sikap ilmiah menunjukkan instrumen yang telah layak. Berdasarkan uji lapangan, hasil pengukuran sikap ilmiah peserta didik dinilai 76,55% baik, 20,08% sangat baik, dan 3,37% cukup. Jadi, sikap ilmiah dari rata-rata peserta didik adalah positif.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34291
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yuniati52.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.