Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34251
Title: Strategi Komunikasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Dalam Mempromosikan Ekonomi Syariah Di Bmt Bina Insan Cita Jakarta Selatan
Other Titles: --
Authors: Arkho Anggadara Anwar
Advisors: Arief Subhan, H
Keywords: Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI);Ekonomi Syariah;BMT Bina Insan Cita;Strategi Komunikasi (kemitraan-sosialisasipengembangan BMT-pelatihan kewirausahaan-evaluasi)
Issue Date: Sep-2013
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Strategi Komunikasi Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia Dalam Mempromosikan Ekonomi Syariah Melalui BMT Bina Insan Cita Jakarta Selatan Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) terlahir Pada Tanggal 7 Desember 1990 merupakan lembaran baru dalam sejarah umat Islam Indonesia di era Orde Baru, secara resmi dibentuk di Malang. Saat itu juga secara aklamasi disetujui kepemimpinan tunggal dan terpilih Baharuddin Jusup Habibie sebagai Ketua Umum ICMI yang pertama. ICMI tentu membuat strategi komunikasi yang tepat agar program yang akan disampaikannya kepada masyarakat dapat diterima dengan baik. Strategi komunikasi merupakan cara tertentu yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan pesannya agar dapat diterima dengan baik dan memberikan efek sesuai harapan. Karena itu, strategi komunikasi perlu diterapkan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Adapun rumusan masalahnya adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh ICMI dalam mempromosikan ekonomi syariah melalui BMT Bina Insan Cita Jakarta Selatan? Hasil apa saja yang telah dicapai? Faktor penghambat dalam penerapan strategi tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian dengan metode deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang diamati. Dan bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), pada penelitian ini peneliti melakukan observasi langsung kelapangan guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Strategi komunikasi yang digunakan ICMI melalui BMT BIC berupa Strategi Kemitraan, sosialisasi, pengembangan BMT, pelatihan kewirausahaan dan evaluasi. Dalam mensosialisasikan ekonomi syariah tentu saja membuahkan hasil diantaranya berdiri BMT serta terjalinnya kerjasama dengan BII MYBANK, Faktor penghambat dalam mempromosikan ekonomi syariah adalah karna sistem ekonomi di Indonesia didominasi dengan sistem kapitalis, Kurangnya Peran pemerintah dalam mendukung berdirinya koperasi syariah, belum adanya program pemerintah satu desa satu BMT. Keterkaitan ICMI dengan BMT BIC memberikan dampak yang baik bagi rakyat kecil. Kedepannya, diharapkan cita-cita membangun peradaban ekonomi mulia yang diemban mendapat sambutan positif dan dukungan dari semua pihak. Agar pencapaian kemakmuran bagi rakyat kecil dan ummat dapat dipercepat secara terus menerus. Keywords: Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Ekonomi Syariah, BMT Bina Insan Cita, dan Strategi Komunikasi (kemitraan-sosialisasipengembangan BMT-pelatihan kewirausahaan-evaluasi)
Description: vi, 59 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34251
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ARKHO ANGGADARA ANWAR-FDK.pdf22.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.