Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34249
Title: Komunikasi Antarpribadi Tutor Dan Siswa Pada Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Cabang Kalimalang Jakarta Timur
Other Titles: --
Authors: Anisa Turrohmah
Advisors: Armawati Arbi
Keywords: pengendalian konflik;strategi katalisator
Issue Date: Jul-2013
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Anisa Turrohmah Komunikasi Antarpribadi Tutor dan Siswa Pada Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang. Posisi komunikasi juga menjadi sangat penting di dalam dunia pendidikan, dalam mentransformasikan sebuah ilmu pengetahuan seorang guru (tutor) menggunakan komunikasi kepada siswa. Hubungan antara tutor dan siswa di dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat menentukan. Dan berproses belajar tidak hanya di tempat formal seperti sekolah melainkan di sebuah Lembaga Bimbingan Belajar juga bisa diperoleh. Dalam penulisan skripsi ini dibahas permasalahan Bagaimana pendekatan komunikasi antarpribadi tutor terhadap siswa? Bagaimana strategi komunikasi antarpribadi tutor terhadap siswa? dan Bagaimana pola pengendalian melalui pengendalian konflik (compliance) dan penyelesaian konflik? Fokus dalam penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi tutor dan siswa yang terjadi baik didalam kelas maupun di luar kelas pada lembaga bimbingan belajar prestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil data-datanya berupa pengamatan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori pendekatan komunikasi antarpribadi, strategi-strategi komunikasi antarpribadi, dan cara pengendalian dengan menggunaka pengendalian konflik dan penyelesaian konflik. Komunikasi Antarpribadi ini dilakukan antara tutor terhadap siswa. Pendekatan yang dilakukan setiap tutor seperti kak Paradat, Deno, Fania, Miftah kepada siswa Akbar, Syifa, Sabrina, Ichwan, Kenny menggunakan Komunikasi antarpribadi secara dua arah dan dilakukan baik di dalam kelas ataupun di luar kelas secara formal ataupun non formal. Pendekatan antarpribadi tutor dan siswa melakukan tingkat analisis kultural, sosiologis, dan psikologis masing-masing siswa dapat ditemukan dari pendekatan tersebut dengan wawancara mendalam. Dari pendekatan tutor ini para tutor mempunyai strategi dalam melakukan pendekatan seperti strategi wortel berayun yang menggunakan hadiah untuk memotivasi siswa, strategi pedang tergantung menggunakan ancaman ini karena melakukan ancaman untuk para siswa yang membuat perilaku yang tidak baik di dalam kelas maupun di luar kelas diberikan ancaman oleh beberapa tutor, kemudian strategi katalisator menggunakan nasihat yakni, beberapa tutor menggunakan nasihat untuk memberikan rasa menumbuhkan rasa percaya kepada siswa untuk semangat belajar. Dan strategi ini mendapatkan cara untuk pengendalian yaitu dengan menggunakan pengendalian konflik dan penyelesaian konflik
Description: vi, 63 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34249
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANISA TURROHMAH-FDK.pdf7.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.