Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34248
Title: Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan Utama Uin Jakarta
Other Titles: --
Authors: Dina Arum Nur Mawaddah
Advisors: Masran
Keywords: Layanan;Perpustakaan;Sarana Prasarana;Koleksi dan Petugas.
Issue Date: Aug-2014
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Dina Arum Nur Mawaddah Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan Utama UIN Jakarta Pemberian layanan merupakan salah satu tugas utama yang harus perpustakaan berikan. Berbagai macam layanan yang bisa diberikan oleh perpustakaan, misalnya layanan referensi, sirkulasi, fotokopi, internet dan lain sebagainya. Apapun layanan yang diberikan harus sesuai dan sejalan dengan civitas akademika perguruan tinggi. Dengan memberikan layanan yang maksimal secara tidak langsung para pengguna nantinya akan merasa puas. Bukan hanya layanan referensi dan sirkulasi saja tetapi ketersediaan sarana prasarana dan kelengkapan koleksi yang ada di perpustakaan juga mempengaruhi faktor kepuasan pengguna. Selain koleksi dan sarana prasarana, faktor penting yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna adalah hubungan antara petugas dengan pengguna. Komunikasi verbal baik itu lisan maupun tulisan yang terjadi diantara petugas dengan pengguna. Dengan terciptanya hubungan yang baik, setidaknya pengguna akan menjadi lebih gampang untuk mengkomunikasikan kepada petugas baik itu sekedar informasi, keluhan, ketika ada masalah atau hanya sekedar ide yang mereka punya. Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah dipilih oleh peneliti karena banyak diantara mahasiswa yang mengeluhkan tentang layanan serta sikap petugas yang ada di Perpustakaan Utama. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sarana prasarana? Bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap koleksi? Bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap petugas dalam komunikasi verbal dan layanan? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 orang responden. Dimana menggunakan skala likert dan sampel ditentukan menggunakan teknik solvin, dan sampel yang digunakan termasuk pada nonprobability sampling. Setelah dilakukan penelitian maka didapatkan hasilnya yaitu, untuk sarana prasarana dan koleksi. Responden masih merasa kurang puas dengan sarana prasarana dan koleksi yang disediakan oleh Perpustakaan Utama. Sedangkan untuk petugas dan layanan, responden sudah merasa puas, meskipun tingkat kepuasan mereka hanya pada batas puas saja , belum mencapai sangat puas. Keywords: Layanan, Perpustakaan, Kepuasan, Sarana Prasarana, Koleksi dan Petugas.
Description: viii, 69 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34248
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DINA ARUM NUR MAWADDAH-FDK.pdf1.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.