Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34246
Title: Pola Komunikasi Volunteer Dan Anak Didik Dalam Membina Akhlak Di Komunitas Kandank Jurank Doank Ciputat
Other Titles: --
Authors: Abdul Hamid
Advisors: Hamdani
Keywords: feedback dan efek;volunteer
Issue Date: Apr-2013
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Abdul Hamid Pola Komunikasi Volunteer dan Anak Didik Dalam Membina Akhlak di Komunitas Kandank Jurank Doank. Anak merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Suatu karunia yang sudah seharusnya dirawat, dijaga dengan sebaik-baiknya. Anak merupakan generasi penerus dari suatu bangsa, ujung tombak atau mata panah dari suatu bangsa yang akan membawa kemana bangsa ini akan melaju. Sebagai generasi penerus bangsa sudah tentu begitu berat beban yang dipangku mereka oleh karena itu diperlukan cara yang tepat untuk membina mereka terutama dalam membina akhlak yang baik, karena akhlak inilah yang akan menyelamatkan mereka dikehidupan dunia maupun akhirat kelak. Kegiatan yang diterapkan volunteer dalam membina akhlak anak didik adalah melalui melalui kegiatan menggambar, siraman rohani melalui kegiatan pengkajian diri, outbond, bermusik dan kegiatan lainnya yang berbasis dengan kesenian dan alam. Oleh sebab itu diperlukan adanya pola komunikasi yang tepat dan efektif. Maka timbul pertanyaan, Pola komunikasi apa yang diterapkan volunteer dalam membina akhlak anak didik? Bentuk dan media koomunikasi apa saja yang ada dalam membina akhlak anak didik? Upaya apa saja yang diterapkan volunteer dalam membina akhlak anak didik? Hambatan apa yang dialami volunteer dalam membina akhlak anak didik? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola komunikasi. H.A.W Widjaja mengatakan bahwa ada empat jenis pola komunikasi. Keempat jenis itu adalah pola roda, pola rantai, pola lingkaran dan pola bintang. Pendekatan penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam proses membina akhlak anak didik para volunteer menggunakan pola roda dan bintang. Pola roda ini volunteer menerapkan pendekatan melalui menumbuhkan rasa kasih sayang dan perhatian. Sedangkan pola bintang pengajar menerapkan komunikasi dua arah yang bersifat informatif dan persuasif. Adapun hambatanya adalah dari segi pergaulan yang berbeda-beda. Kesimpulannya adalah pola komunikasi yang digunakan para volunteer dalam membina akhlak anak didik sudah berhasil dan efektif. Ini terbukti dari adanya komunikasi yang terjadi secara dua arah, persamaan makna dari hasil komunikasi yang menunjukan adanya feedback dan efek yang mengarahkan anak didik kepada akhlak yang baik.
Description: v, 69 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34246
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ABDUL HAMID-FDK.pdf2.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.