Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34060
Title: Manajemen Pelayanan Kbih An-Nizomiyah Jakarta Selatan Dalam Bimbingan Manasik Haji
Other Titles: --
Authors: Rahmah Fitriani
Advisors: Nasichah
Keywords: Manajemen;Bimbingan;Manasik Haji
Issue Date: Aug-2016
Publisher: FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H / 2016 M
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Rahmah Fitriani (1112053100012) Manajemen Pelayanan KBIH An-Nizomiyah Jakarta Selatan dalam Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Bimbingan Dra. Nasichah, MA. Manajemen merupakan aktifitas atau kegiatan mengatur kegunaan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang telah diciptakan sebelumnya. Bimbingan manasik haji merupakan suatu kegiatan yang memerlukan manajemen dalam pelaksanaannya. Hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksana ibadah haji dengan benar. Seiring dengan adanya manajemen manasik haji pada yayasan KBIH An-Nizomiyah, peneliti mendapatkan inspirasi untuk meneliti lebih jauh mengenai manajemen pelayanan bimbingan manasik haji pada KBIH An- Nizomiyah. Melalui wawancara dengan pengurus dan pembimbing yayasan serta pengamatan langsung ke KBIH An-Nizomiyah. Dalam organisasi KBIH An-Nizomiyah, manajemen disini berarti “aktifitas atau kegiatan untuk mengatur sumber daya manusia bagi tercapainya tujuan pembimbingan yaitu agar para calon jamaah haji melaksanakan hajinya sesuai dengan syarat dan rukun-rukun haji sehingga mendapatkan haji yang mabrur. Bahwa bimbingan merupakan proses pemberian bantuan atau pertolongan oleh orang-orang yang memiliki keahlian khusus dan pengalaman dalam bidang tersebut, kepada individu atau sekumpulan individu dari segala usia, yang bantuan tersebut bisa berupa pertolongan dibidang mental spiritual dengan maksud orang yang bersangkutan mampu mengatasi kesulitannya, dengan kemampuan yang ada pada dirinya sendiri, melalui dorongan dan kekuatan iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Dalam dari penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dengan menganalisis kegiatan bimbingan manasik haji dengan mengimplementasikan ke dalam tahap-tahap manajemen dengan menggunakan pertanyaan seperti perencanaan (manajemen pelayanan bimbingan manasik terhadap jamaah, materi bimbingan manasik, pembimbing manasik dan jadwal kegiatan manasik haji). Organisasi (ketua, sekretaris, bendahara, pendataan, perlengkapan dan kesehatan). Pengerakan (pembimbing menggunakan metode ceramah, pratek dan video visual). Pengawasan (pengawasan langsung, pengawasan tidak langsung, pengawasan tertulis dan evaluasi hasil). Agar manajemen pelayanan An-Nizomiyah semakin baik dimasa yang akan datang Kata kunci : Manajemen, Bimbingan, Manasik Haji
Description: vi, 67 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34060
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RAHMAH FITRIANI - FDK.pdf1.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.