Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33919
Title: Pengembangan Pendidikan Islam Holistik Integratif Bervisi Pemajuan Peradaban
Authors: Muhbib Abdul Wahab
Keywords: Islamic Education;madrasah al-Anbiyâ;Holistic and Intergrative Education;advancing Islamic Civilisation
Issue Date: 26-Jan-2017
Abstract: Tulisan ini bertujuan mengkaji secara teoretik dan historis sistem pendidikan Islam holistic integrative bervisi pemajuan peradaban Islam yang berbasis tauhid, berkarakter Islam, dan bermaslahat bagi umat manusia. Tulisan ini merupakan telaah kritik terhadap fenomena yang terjadi di dunia Islam bahwa pendidikan Islam dewasa ini masih belum maju, jika tidak dikatakan mundur atau terbelakang. Sistem pendidikan Islam masih dinilai dikotomis dan lulusan yang dihasilkan juga belum berkualitas unggul. Desain kurikulum dan proses pendidikan Islam belum bervisi pemajuan peradaban. Sementara itu, pendidikan Barat yang seringkali dinilai telah berkembang pesat dan maju cnderung tidak bervisi pemajuan peradaban, tetapi berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan pembangunan fisik melalui penyiapan SDM yang memiliki kompetensi professional atau mampu bekerja secara professional. Karena itu, reformulasi pendidikan Islam holistik dan integrative (filsafat dan epistemology yang mendasarinya, tujuan dan visi misinya, pengembangan kurikulum, dan proses pembelajarannya) dengan visi pemajuan peradaban Islam menjadi sangat penting. Model pendidikan Islam holistik integratif bervisi pemajuan peradaban dapat direkonstruksi dan direformulasi dengan menjadi Madrasat al-Anbiyâ’ (sekolah para Nabi) sebagai landasan historis-empiris dan praktik pendidikan Islam yang dikembangkan oleh Nabi Muhammad Saw di Makkah dan Madinah sebagai landasan psikologis-edukatif sekaligus sumber inspirasi dan motivasi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33919
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhbib_2.pdf642.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.