Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33796
Title: Fa'aaliyah Al-Tathbiiq Al-Nadzariyyah Al-Taulidiyyah Al-Tahwiliyyah Inda Noam Chomsky Fii Ta'allum Al-Insya Lada Tullab Madrasah Al-Falah Al-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Jakarta
Authors: Sofyan Sauri
Advisors: N.lala Alawiyah, MA
Wati Susiawati, MA
Issue Date: 12-Jan-2017
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan pembelajaran insya terstruktur (mengarang Bahasa Arab) yang berbasis kepada teori Transformatif-Generatif untuk siswa Madrasah Aliyah Al-Falah Jakarta, dan melihat sejauh mana perbedaan yang dimiliki dari segi penghitungan signifikansi statistik antara nilai rata rata siswa yang mempelajari insya terstruktur dengan menerapkan teori Transformatif Generatif dan nilai rata rata siswa yang mempelajari insya terstruktur dengan menggunakan teori tradisional, dan sejauh mana efektivitas penerapan teori ini dalam mempelajari insya terstruktur. Untuk mewujudkan tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan mengklasifikasikan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas sebelas tahun ajaran 2016-2017. Dan menentukan sempel sebanyak 46 siswa, peneliti memilih 23 siswa untuk kelompok eksperimen dan 23 siswa untuk kelompok kontrol. Peneliti menggunakan rumus test”t” dalam menganalisis data. Adapun teknik yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu: 1) wawancara; 2) penelitian langsung; dan 3) pembagian tes tulis. Penelitian ini menghasilkan : 1) terdapat perbedaan secara penghitungan statistik dalam nilai rata rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam mempelajari insya terstruktur sampai kepada nilai rata rata hitung untuk kelas eksperimen 82,13 dengan kategori “baik”, dan untuk kelompok kontrol dengan nilai rata rata 72,13 dengan kategori “cukup”; 2) bahwasanya pembelajaran insya terstruktur dengan berbasis teori Transformatif-Generatif masuk dalam kategori efektif dalam mempelajari insya dengan hasil “t” hitung (3,20) lebih besar dari “t” tabel (2,02) berpedoman pada distribusi frekuensi 5% dan (2,29) berpedoman pada distribusi frekuensi 1%. Berdasarkan hasil ini maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka dari hasil diatas, peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan teori Transformatif Generatif menurut Noam Chomsky dalam mempelajari insya terstruktur “Efektif”.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33796
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SOFYAN SAURI - 1112012000058 (watermark).pdf138.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.