Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33764
Title: Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan
Authors: Nuramelia
Advisors: Susanti, Baiq Hana
Keywords: POE;KPS
Issue Date: 1-Jan-2016
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada konsep Sistem Pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Parung tahun ajaran 2015/2016 pada bulan Januari 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pre-test and post-test)control group desaign. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, yang berupa tes uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem pencernaan. Hasil analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung4.04 dan ttabelpada taraf signifikan α=0.05 sebesar 1.99, maka thitung> ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas XI IPA pada konsep Sistem Pencernaan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33764
Appears in Collections:Buku (Bab atau Keseluruhan)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURAMELIA - 109016100066 (watermark).pdf7.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.