Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33748
Title: Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih
Authors: Robiatul Adawiyah
Advisors: Dr. Zaimuddin, MA
Keywords: Ibnu Miskawaih
Issue Date: 13-Dec-2016
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penilitian dalam skripsi ini, mengacu pada konsep yang dipaparkan oleh Ibnu Miskawaih dalam kitab “Tahdzibul Akhlak”. Dengan mengambil judul Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: Untuk mengetahui konsep pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dalam rangka mempertahankan martabat manusia serta dalam rangka menanamkan akhlak baik bagi peserta didik di sekolah. Jenis penelitian skripsi ini yaitu Penelitian Pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Yaitu penelitian yang menggambarkan sifat-sifat atau karakteristik individu, keadaan, gejala, atau kelompok tertentu. Dengan metode deskriptif kontent analysis yaitu metode dengan menganalisis isi dan mendeskripsikannya dari objek yang diteliti melalui sumber-sumber yang terkait dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah: Ibnu Miskawaih memberi “pengertian pertengahan/jalan tengah” yang harus ditempuh oleh setiap individu demi mempertahankan martabat dan mencapai kesempurnaan akhlak. Beliau menegaskan bahwa setiap keutamaan memiliki dua sisi yang ekstrem. Yang tengah bersifat terpuji dan yang ekstrem bersifat tercela. Seperti tidak boleh berpikir salah dan tidak boleh berlebihan tetapi harus bijaksana. Tidak boleh jadi pengecut, dan tidak boleh pula sembrono, jalan tengahnya adalah berani. Tidak boleh kikir tetapi juga tidak boleh boros. Jalan tengahnya adalah sederhana. Tidak boleh dzalim dan didzalimi, jalan tengahnya adalah adil. Dan Ibnu Miskawaih memberikan kedudukan yang istimewa kepada guru, guru dianggap lebih berperan dalam mendidik kejiwaan muridnya dalam rangka mencapai kebahagiaan sejati. Ibnu Miskawaih mempunyai maksud agar setiap guru/pendidik, apapun materi bidang ilmu yang diasuhnya harus diarahkan untuk terciptanya akhlak yang mulia bagi diri sendiri dan murid-muridnya. Tidak hanya mengajarkan atau menyampaikan materi mata pelajaran yang diampunya saja akan tetapi juga harus mensisipi nilai etika dalam pelajaran yang diajarkan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33748
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ROBIATUL ADAWIYAH WATERMARK NIM (1112011000064).pdf3.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.