Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33734
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Fisika (PFBF) Berbantuan Video Based Laboratory (VBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Konsep Momentum dan Impuls
Authors: Eneng Nurjanah
Advisors: Erina Hertanti, M.Si
Devi Solehat, M.Pd
Keywords: Model PFBF;Momentum dan Impuls;VBL;Hasil Belajar
Issue Date: 25-Nov-2016
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PFBF berbantuan VBL terhadap hasil belajar siswa pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 4, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XI IPA 2. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purpossive sampling Penelitian berlangsung pada bulan April 2016. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif sementara data hasil instrumen nontes dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,26 dan nilai ttabel sebesar 2,01. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan VBL dalam pembelajaran PFBF terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penggunaan VBL dalam pembelajaran PFBF pada konsep momentum dan impuls memperoleh respon pada kategori baik, dengan persentase sebesar 79,89.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33734
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.