Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33666
Title: Optimalisasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Peningkatan Sikap Keberagamaan Siswa
Authors: Dewi Ratih Asih Purwanti
Advisors: Abuddin Nata
Keywords: Sikap Keberagamaan Siswa
Issue Date: Jul-2015
Publisher: Jakarta: FITK UIN Jakarta
Abstract: Tesis ini menunjukan bahwa sarana prasaran yang optimal, memadai dan mendukung berperan dalam meningkatkan sikap keberagamaan. Temuan dalam tesis ini adalah bahwa untuk meningkatkan sikap keberagamaan siswa, maka Yayasan Prasetya Karya Khususnya SD Islam Terpadu Bunayya Tangerang Banten mengoptimalkan dan memaksimalkan ketersediaan dan penggunaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses dan tujuan pembelajaran agar siswa menjadi pribadi yang sholeh yang dapat memiliki sikap keberagamaan yang baik sesuai dengan harapan yaitu Insan kamil. Sumber primer penelitian ini adalah datadata dan informasi berupa study dokumen, hasil observasi mendalam, wawancara dan angket. Semua data dan informasi tersebut dibaca dengan menggunakan metode analisis kritis dengan menggunakan pendekatan multidisipliner pendidikan, terutama adalah pendekatan psikologi baik umum maupun agama, pendektan filsafat dan ilmu pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang diajukan, yaitu: Bagaimana Optimalisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatan Sikap Keberagamaan Siswa. Dengan tiga pertanyaan yang lebih terinci lagi sebagai berikut: 1) Sarana dan prasarana pendidikan seperti apa yang efektif dalam peningkatan sikap keberagamaan siswa? 2) Apakah sarana dan Prasarana yang tersedia sudah mencukupi dan memadai dengan rasio jumlah kelas dan jumlah rombel pada SDIT Bunayya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten? 3) Sejauh mana penggunaan sarana dan prasarana pendidikan yang telah dilakukan di SDIT Bunayya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten? Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriftif analisis, yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, studi dokumen, wawancara mendalam dan angket. Data yang diperoleh kemudian disusun dengan melakukan reduksi data yaitu pemilihan dan penyederhanaan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data sehingga dapat dibuat simpulan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa, Sarana dan prasarana yang tersedia pada SDIT Bunayyya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten digunakan secara optimal dalam peningkatan sikap keberagamaan siswa dan lebih rinci adalah: 1) Sarana dan Prasarana pada SDIT Bunayyya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten yang optimal dan efektif dalam peningkatan sikap keberagamaan siswa adalah gedung sekolah, ruanganruangan yang dibutuhkan, ruang kelas, tempat ibadah dan sarana pendukungnya, peralatan pendidikan dan media pembelajaran. 2) Semua xiii sarana dan prasarana yang tersedia pada SDIT Bunayyya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten sangat efektik dalam pembentukan sikap keberagamaan siswa. 3) Sarana dan prasarana yang dimiliki SDIT Bunayyya Gelam Jaya Pasar Kemis Tangerang Banten cukup memadai, hanya media yang perlu ada penambahan baik macam, jenis, dan atau jumlahnya agar sesuai dengan rasio jumlah media dan rombongan belajar serta jumlah siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33666
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.pdf130.35 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.