Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33665
Title: Penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning) untuk pencapaian standar kompetensi dalam pelajaran ekonomi di SMA IT YAPIRA Medang Kabupaten Bogor
Authors: Ilmi Suciana
Advisors: Moch. Noviandi Nugroho
Keywords: belajar tuntas;mastery learning
Issue Date: 26-Oct-2016
Publisher: Jakarta: FITK UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi belajar tuntas (mastery learning) pada pelajaran ekonomi dan apa saja kelemahan dan kekuatan dalam melaksanakan strategi ini di SMA IT YAPIRA Medang Kabupaten Bogor Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat tindakan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada strategi belajar tuntas (mastery learning) untuk pencapaian standar kompetensi dalam pelajaran ekonomi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi belajar tuntas (mastery learning) untuk pencapaian standar kompetensi dalam pelajaran ekonomi dinyatakan berhasil. Keberhasilan tersebut dapat dilihat melalui peningkatan siklus atau pertemuan yang telah dilakukan. Pada siklus I hasil evaluasi pretest dan postest dari analisis N-Gain dengan nilai rendah 62,5%. Sedangkan pada siklus II hasil evaluasi pretest dan postest dari analisis N-Gain dengan nilai rendah 0%. Pengertiannya adalah bila adanya nilai N-Gain yang sedang dan tinggi mencapai 75% maka dikatakan strategi belajar tuntas (mastery learning) berhasil. Tidak adanya N-Gain rendah pada siklus II menyebabkan ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat dikatakan penerapan strategi belajar tuntas (mastery learning) untuk pencapaian standar kompetensi dalam pelajaran ekonomi di SMA IT YAPIRA Medang Kabupaten Bogor ini berpengaruh dalam ketuntasan belajar siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33665
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Ilmi Suciana_109015000095_Watermark.pdf6.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.