Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33624
Title: Analisis Miskonsepsi
Authors: Zulfiani
Keywords: analisis miskonsepsi
Issue Date: 11-Feb-2012
Publisher: Jurusan Pendidikan IPA FITK UIN Jakarta
Series/Report no.: 978-602-17290-0-7;
Abstract: Kenyataan di lapangan, sering ditemukan siswa di tingkat sekolah menengah memiliki hasil belajar IPA yang rendah disebabkan terakumulasinya kesalahan konsep (miskonsepsi). Kekeliruan konsep tersebut masih sering ditemukan dosen pada mahasiswa tingkat 1 yang mengikuti perkuliahan biologi dasar, pada Prodi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakarta. Miskonsepsi yang ditemukan pada mahasiswa terkait konsep biologi, seperti sel dan pembelahan sel, metabolism, dan hereditas. Hasil penelitian banyak siswa yang menjawab benar pada pertanyaan pilihan ganda, namun tidak dapat memberikan alasan pilihan mereka, Morton (2008) menyatakan miskonsepsi jenis ini ialah misidentifikasi (misidentification). Penyebab miskonsepsi salah satunya ialah kondisi pembelajaran yang kurang memperhatikan prakonsepsi yang dimiliki mahasiswa. Hal ini diakibatkan karena di kalangan dosen masih mengajar berdasarkan konsepsi bahwa seluruh pengetahuan dapat ditransfer kepada mahasiswa secara utuh. Gaya mengajar ini lebih berfokus pada teacher centered. Upaya perbaikan miskonsepsi dapat direduksi dengan membangun pengetahuan mahasiswa secara mandiri (konstruktivisme) sehingga memberi kesempatan siswa untuk mengorganisasi kegiatan pembelajarannya dalam hubungannya dengan skema atau struktur mental yang telah ada (Dahar, 1996).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33624
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zulfiani Semnas IPA 2012.pdf2.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.