Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33599
Title: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pai Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Di Kelas Vii Smp Tulus Bhakti Jatiasih Bekasi
Authors: Ida Puspitasari
Advisors: Tanenji
Keywords: Cooperatif Learning
Issue Date: 1-Sep-2016
Publisher: Jakarta: FITK UIN Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berkelompok dengan model pembelajaran Cooperative, serta proses pembelajaran berkelompok dengan model pembelajaran Cooperative, dan untuk menggambarkan prestasi pembelajaran berkelompok dengan model pembelajaran Cooperative. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dari keterampilan berbicara melalui Cooperative. Adapun subjek penelitian adalah di kelas VII SMP Tulus Bhakti, Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi dengan banyak siswa 30 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan bekerjasama siswa melalui pembelajaran kelompok dengan model Cooperative mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus/pertemuan yang dilakukan. Pada siklus I pertemuan pertama siswa yang mendapat skor tertinggi yaitu 36,67%. Pada siklus I pertemuan kedua persentase siswa mengalami peningkatan sebesar 16,66% menjadi 53,33%. Sementara pada siklus II pertemuan ketiga persentase siswa mengalami peningkatan sebesar 83,33% dalam tahap ini mengalami peningkatan sebesar 30%. Rata-rata prestasi siswa dalam aspek siswa serius mengerjakan tes yang diberikan guru, pada pertemuan keempat siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,33% diperoleh 56,67% dan menjadi 90% pada pertemuan tersebut. Keseriusan siswa dalam mengerjakan tes yang diberikan guru pada pertmuan pertama siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II tergolong ke dalam kategori baik. Respon, gagasan dan pendapat siswa pada saat berkelompok berlangsung sangat baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33599
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ida Puspitasari (1812011000056) Watermark.pdf27.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.