Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33586
Title: Evaluasi Program Pendidikan Non Formal Melalui Rumah Belajar Bagi Anak Jalanan Di Yayasan Keluarga Anaklangit Kota Tangerang
Other Titles: --
Authors: Dyah Ayu W.L
Advisors: Ahmad Zaki
Keywords: model evaluasi CIPP;Anaklangit
Issue Date: Oct-2016
Publisher: FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 1437 H / 2016 M
Series/Report no.: ;4599 DYA e KESSOS
Abstract: ABSTRAK Dyah Ayu W.L Evaluasi Program Pendidikan Non Formal melalui Rumah Belajar bagi Anak Jalanan di Yayasan Keluarga Anaklangit Kota Tangerang Seiring dengan perubahan tatanan sosial dan budaya pada era modernisasi dan globalisasi seperti sekarang ini, kasus penelantaran anak menjadi fenomena yang makin marak, dan terus menunjukan peningkatan. Salah satunya yaitu permasalahan anak jalanan. Fenomena anak jalanan sebenarnya bukan hal baru dan menjadi salah satu masalah kesejahteraan sosial yang layak mendapat perhatian dan penanganan dari pemerintah maupun masyarakat. Masalah ini disebabkan karena faktor kemiskinan dan rendahnya kesadaran orangtua terhadap keselamatan dan pendidikan anak. Lingkungan kota yang keras, mengakibatkan kondisi kehidupan anak jalanan menjadi rentan terhadap ancaman kekerasan, pelecehan seksual, eksploitasi hingga perdagangan anak. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangani permasalahan anak jalanan ini, salah satunya melalui jalur pendidikan non formal yang diselenggarakan melalui rumah singgah atau rumah belajar. Sejalan dengan upaya menangani permasalahan anak jalanan melalui jalur pendidikan non formal, Rumah Belajar Yayasan Keluarga Anaklangit hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Tangerang untuk menjadikan anak jalanan sebagai anak Indonesia yang cerdas, kreatif, mandiri, dan berbudi mulia. Program pendidikan non formal yang ada di Yayasan Keluarga Anaklangit berfokus pada pendidikan keaksaraan, pengembangan nilai-nilai dan wawasan, serta pemberian keterampilan guna mengembangkan potensi dan keahlian anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana program pendidikan non formal yang ada di Yayasan Keluarga Anaklangit telah berhasil dilaksanakan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik snowball, sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber untuk menguji teknik keabsahan data. Dalam mengevaluasi program pendidikan non formal di Yayasan Keluarga Anaklangit, peneliti menggunakan model evaluasi CIPP dari Stufflebeam dkk, yang meliputi evaluasi konteks, input, proses dan produk. Indikator evaluasi yang peneliti gunakan adalah indikator relevansi, keterjangkauan, ketersediaan, efisiensi dan dampak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendidikan non formal yang dilaksanakan Yayasan Keluarga Anaklangit telah memberikan dampak positif dan manfaat yang baik bagi kehidupan anak jalanan dan anak-anak yang kurang mampu. Sebagian besar dari mereka telah berhenti melakukan aktifitasnya di jalanan, dan dapat hidup mandiri secara sosial dan ekonomi. Namun dalam pelaksanaannya, program ini masih kurang maksimal karena terdapat beberapa hal yang belum tercukupi dengan baik seperti sarana dan fasilitas, tenaga pengajar, serta pendanaan. Hal ini memerlukan tinjauan kembali dari pihak Yayasan Keluarga Anaklangit agar program tersebut lebih maksimal dan dapat mencapai tujuan keberhasilan.
Description: ix, 154 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33586
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DYAH AYU W.L - FDK.pdf5.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.