Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33148
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Informal Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Authors: Benni Al Azhri
Advisors: Abdul Muin, M.Pd
Khairunnisa, S.Pd., M.Si
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Informal Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC);Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Issue Date: 9-May-2014
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilakukan di SMP Muslim Asia Afrika Pamulang Tangerang Selatan tahun ajaran 2013/2014, bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan kualitas peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Informal Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen (FSLC) sebanyak 19 siswa dan kelas kontrol (konvensional) sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif informal tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) secara signifikan lebih baik daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Kualitas peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas FSLC berada pada kategori “sedang”, hal ini lebih baik daripada kelas konvensional yang berada pada kategori “rendah”. Dari keempat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan elaborasi), kualitas peningkatan indikator keluwesan dan orisinalitas pada kelas FSLC lebih baik yaitu berada pada kategori “sedang”, sedangkan kelas konvensional berada pada kategori “rendah”. Untuk kedua indikator lainnya, baik kelas FSLC maupun konvensional berada pada kategori yang sama yaitu “sedang”.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33148
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BENNI AL AZHRI - NIM 109017000040 WATERMARK.pdf19.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.