Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/331
Title: Implementasi pendekatan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kesetimbangan kimia (penelitian tindakan kelas pada MA al-falah VI Jakarta)
Authors: Isyfiyyati
Advisors: Dedi Irwandi
Keywords: Implementasi pendekatan pembelajaran inkuiri
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
Series/Report no.: 0111-11-10305;7191 IPA t
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MA. Al-Falah VI Jakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 7 siswa lakilaki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kesetimbangan kimia. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menerapkan desain tindakan berdasarkan prinsip-prinsip desain pembelajaran inkuiri diantaranya adalah menggunakan pertanyaan yang mengarah pada inkuiri, melakukan observasi, menghasilkan produk dan komunikasi. Pada saat menggunakan pertanyaan yang mengarah pada inkuiri, melakukan observasi, menghasilkan produk dengan kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok. Sedangkan, langkah komunikasi dilakukan dengan kegiatan diskusi kelas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep kesetimbangan kimia. Ratarata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu 73,94 pada siklus I dan 83,08 pada siklus II.
Description: i, 72 hal.; 22 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/331
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ISYFIYYATI-FITK.pdf5.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.