Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33087
Title: Perbedaan Pengguna Media Pembelajaran Animasi dan Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan
Authors: Lola Novitasari
Advisors: Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Keywords: Media Animasi;Media Komik;Sistem Pencernaan;Hasil Belajar
Issue Date: 28-Jan-2014
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi pada siswa yang diajar menggunakan media animasi dan media komik pada konsep sistem pencernaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) dan penentuan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II secara acak. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen I dengan menggunakan media animasi. Sampel yang kedua berjumlah 33 siswa untuk kelas eksperimen II dengan menggunakan media komik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda dan angket. Analisis data tes kedua kelompok menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0.05, diperoleh hasil thitung 3.84 dan ttabel sebesar 1.67, maka thitung lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan media animasi berbeda dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33087
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.pdf170.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.