Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33084
Title: Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Peta Konsep dalam Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Kuasi Eksperimen di SMP Jayakarta)
Authors: Faoziah
Advisors: Abdul Muin, M.Pd
Dr. Tita Khalis Maryati, M.Kom.
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Peta Konsep;Komunikasi Matematis
Issue Date: 27-Sep-2014
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMP Jayakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1). Mengkaji dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining dengan Peta Konsep, (2). Mengkaji dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3). Membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannnya mengunakan model pembelajaran konvensional. Indikator kemampuan komunikasi yang diukur dalam penelitian ini yaitu: (a) Written text, (b). Drawing, (c). Mathematical Expression. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan peneliian two group randomized subject posttes only. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa pada kelas eksperimen dan 40 siswa pada kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 2,19 dan t-tabel pada taraf sinifikansi 0,05 sebesar 1,99, maka t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Peta Konsep lebih tinggi secara signifikan dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33084
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Faoziah.pdf11.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.