Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33065
Title: Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi
Authors: Aullia, Ika Destari
Advisors: Feronika, Tonih
Agung, Salamah
Keywords: inkuiri terstruktur;berpikir kritis siswa
Issue Date: 1-Jan-2016
Abstract: Ika Destari Aullia, NIM. 109016200001, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Judul : “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi”. Penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrument tes yang kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 5% nilai thitung sebesar 4,047 lebih besar dari ttabel sebesar 1,998 sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap berpikir kritis siswa diterima. Dengan demikian, pembelajaran kimia yang menggunakan model inkuiri terstruktur dapat membantu meningkatkan berpikir kritis siswa dengan memperoleh nilai rata-rata N-gain sebesar 0,33 yang berarti peningkatan berpikir kritis siswa tergolong sedang.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33065
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IKA DESTARI AULLIA - 109016200001 (watermark).pdf8.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.